TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Dengan kurikulum modern yang banyak digunakan pada saat ini,  teknologi sudah mulai diperkenalkan sejak dini. Melalui aplikasi pada  iPad atau perangkat pintar lain, anak di ajak untuk berinteraksi dengan  teknologi secara menyenangkan.
 Dilansir dari Early Childhood News (18/7), penggunaan teknologi yang  tepat di dalam kegiatan pembelajaran akan memperluas dan memperkaya  pengetahuan dan perkembangan kognitif anak.
 Kate Highfield, dosen bidang pendidikan anak usia dini dari  Universitas Macquaire Sydney membagi aplikasi yang memberikan kontribusi  terhadap perkembangan kognitif anak menjadi tiga kategori, yakni  Instruktif, Manipulatif dan Konstruktif.
 Aplikasi instruktif mengarah pada aplikasi yang memberikan banyak  praktik dan latihan. Biasanya aplikasi instruktif adalah game dengan  warna-warna cerah atau yang mengajarkan mengenai musik berulang.  Permainan ini menyenangkan untuk dimainkan dan memberikan latihan  kognitif pada anak.
 Kategori kedua yakni aplikasi manipulatif. Aplikasi ini memungkinkan  anak untuk memberikan beberapa alternatif tanggapan terhadap permainan  yang ada di dalamnya. Anak akan membutuhkan keterampilan dan tingkat  berpikir yang lebih tinggi dalam bermain aplikasi ini. Aplikasi  manipulatif akan memberikan nilai kognitif jangka panjang pada anak.
 Aplikasi konstruktif, kategori aplikasi terakhir inilah yang  menyumbang nilai kognitif tertinggi pada anak. Melalui aplikasi  konstruktif, anak dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan pada  aplikasi jenis ini.
 Jadi, siapa bilang game hanya akan membuat anak menjadi malas  belajar? Peran orang tua dalam pemilihan game dan mainan yang tepat  untuk anak dapat mengarahkan anak pada kegiatan belajar yang  menyenangkan. [Merdeka.com]
Wednesday, July 31, 2013
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment
Isikan Komentar Yang Bermanfaat Untuk Membangun ya Gann....